Kamis, 28 Maret 2013

0

Tentang IPB

Labels:

Badge Image-IPB
Institut Pertanian Bogor. Dari namanya saja sudah terlihat bahwa Institut terkemuka di Bogor ini merupakan lembaga pendidikan tinggi pertanian. Walaupun terdapat kata "pertanian" yang sedikit di acuh tak acuhkan masyarakat, tapi kualitasnya tak kalah dengan perguruan tinggi lainnya. Buktinya saja, IPB berhasil menempati "The Big Five" perguruan tinggi di Indonesia. IPB dari tahun ke tahun selalu bersaing ketat dengan perguruan tinggi lainnya demi menjadi nomor satu.
Sebelumnya, tahukah anda kalau berdasarkan hasil keputusan rapat pleno Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tanggal 21 Februari 2013, BAN-PT memutuskan bahwa Institut Pertanian Bogor (IPB) memperoleh status terakreditasi dengan Nilai 375 yaitu peringkat A (sangat baik). Status akreditasi berlaku selama 5 tahun. Suatu hal yang menakjubkan dan pantas untuk diberikan apresiasi.

Selain prestasinya, IPB yang dijuluki sebagi Kampus Hijau ini mempunyai 5 kampus yang nyaman, asri, dan hijau pastinya. Kelima kampus tersebut tersebar di beberapa lokasi. Masing-masing kampus pun berbeda kegunaannya. Meskipun kegunaannya berbeda, akan tetapi dari segi kenyamanan tetap sama kok.
Selain itu, ada yang unik dari IPB, yaitu salah satu gedung yang ada di IPB. Gedung apakah itu? Namanya adalah Gedung Andi Hakim Nasution. Gedung ini bentuknya unik dan menakjubkan. Lalu, apa itu Gedung Andi Hakim Nasution? Siapakah Andi Hakim Nasution? Dan juga mengapa nama beliau dijadikan nama gedung? Berikut jawabannya:
Gedung Andi Hakim Nasution
Gedung Andi Hakim Nasution adalah gedung rektorat IPB yang berada di Kampus Darmaga. Nama gedung ini didedikasikan kepada Prof. Dr. Andi Hakim Nasution yang merupakan guru besar Statistika dan Genetika Kuantitatif Institut Pertanian Bogor (IPB). Beliau juga pernah menjabat sebagai rektor IPB untuk dua periode (1978-1987). Beliau adalah penggagas berdirinya Fakultas MIPA di IPB. Beliau adalah putra terbaik yang pernah dimiliki IPB. Atas segala jasanya, sejak 2 Mei 2008, nama gedung rektorat IPB resmi diganti menjadi Gedung Andi Hakim Nasution.

Rektor IPB
Setelah kita mengenal kampus IPB, alangkah baiknya kalau kita juga berkenalan dengan rektor IPB. Siapakah beliau? Ya, beliau adalah Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto,M.Sc. Beliau adalah putera Banjarnegara, Jawa Tengah yang menjabat sebagai rektor IPB periode 2012-2017. Sebelumnya, beliau juga menjabat sebagai rektor IPB periode 2007-2012.
Bapak kelahiran 10 September 1959 ini adalah sosok pekerja keras. Beliau mengawali karirnya di IPB dengan status sebagai dosen pada tahun 1981. Karena kerja kerasnya, karir beliau makin melejit. Pada tahun 2003, beliau terpilih menjadi wakil rektor kedua. Hingga akhirnya tahun 2007, pada usia 48 tahun beliau berhasil dinobatkan sebagai rektor IPB. Usia yang cukup muda bagi seorang rektor bukan? Menurut beliau, istri dan anak-anaknya yang menjadi motivasi beliau dalam perjalanan menuju rektor.
Eits, hampir saja lupa. Setelah membahas semua profil di atas, kita membahas mengenai logo IPB saja. Dikutip dari Wikipedia, logo IPB mencerminkan pertumbuhan IPB sebagai suatu lembaga pendidikan sumber ilmu pengetahuan dan teknologi serta akan selalu maju, tumbuh terus dan mengamalkan Tridarma Perguruan Tinggi dengan berlandaskan Pancasila.
Logo IPB
Logo IPB terdiri atas tulisan INSTITUT PERTANIAN BOGOR, pohon berdaun lima helai, dan buku terbuka dibawahnya yang kesemuanya berwarna putih dengan dasar berwarna biru; warna dasar biru melambangkan IPB termasuk kelompok ilmu pengetahuan; gambar buku terbuka melambangkan IPB sebagai sumber ilmu pengetahuan; bentuk bundar melambangkan bahwa ilmu itu tidak ada batasnya, selalu berkembang, bertambah; cabang tiga helai yang muncul dari buku melambangkan Tridarma Perguruan Tinggi; dan kelima ujung helai daun melambangkan lima fakultas pertama pada waktu IPB berdiri dan Tridarma Perguruan Tinggi dilaksanakan berdasarkan Pancasila.

Itulah tadi penjelasan tentang IPB, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan hikmah.
Dan untuk IPB, TERUSLAH MENCARI DAN MEMBERI YANG TERBAIK.

Sumber:

x_3d4e45fa photo x_3d4e45fa_zpsc095a911.gif
Tags: Institut Pertanian Bogor (IPB)Admisi IPBLomba IPB

Terima kasih telah membaca artikel tentang Tentang IPB dan anda bisa menemukan artikel Tentang IPB ini dengan url http://lombablogtagline.blogspot.com/2013/03/tentang-ipb.html ,anda boleh menshare artikel dengan judul Tentang IPB ini jika menurut anda artikel ini menarik dan bermanfaat, akan tetapi jangan lupa untuk meletakkan link Tentang IPB di bawah ini sebagai sumbernya.
Dan juga jangan lupa untuk mendukung saya agar bisa menjadi juara dalam Lomba Blog Tagline IPB Tentang Pertanian ini. Kunjungi juga blog ini http://per-tani-an.blogspot.com agar dukungan anda semakin banyak.

0 komentar: